Menu Click to open Menus
Home » Blog » 9 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Nyaman Dibaca

9 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Nyaman Dibaca

(112 Views) September 3, 2016 11:59 pm | Published by

Cara Membuat Artikel Yang Baik

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas terkait cara membuat artikel yang baik, dan tentunya nyaman dibaca oleh pengunjung.

Jika anda memiliki cara-cara lainnya, silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah. Inilah 9 cara membuat artikel yang baik dan nyaman dibaca.

#1. Menentukan Topik Artikel Yang Akan Ditulis

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan menulis sebuah artikel, adalah menentukan sebuah topik. Hal ini sangat penting, agar artikel yang kita tulis mendapatkan gambaran yang jelas.

Ada beberapa cara dalam menentukan topik untuk artikel, diantaranya: mencari melalui internet, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.

Namun di era serba digital seperti sekarang ini, rasanya mencari dan menentukan topik artikel melalui internet lebih disukai oleh banyak orang.

#2. Membuat Judul Artikel

Setelah berhasil menentukan topik artikel, berikutnya adalah menentukan judul sebuah artikel. Dengan adanya judul artikel, maka tulisan akan lebih terarah, dan tidak terlalu meluas pembahasannya.

Misalnya, judul artikel: Tips mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri untuk mahasiswa berprestasi.

Pada judul diatas, jelas terlihat bahwa artikel tersebut ditujukan untuk mahasiswa berprestasi yang sedang mencari beasiswa ke luar negeri.

Dengan demikian, kita menjadi lebih memahami terkait hal yang akan kita tulis ke dalam sebuah artikel. Itu semua karena adanya judul yang berperan sebagai pembatas.

#3. Buat Struktur Tulisan Yang Rapi, Mulai dari Gambaran Umum Hingga Kesimpulan

Ketika menulis sebuah artikel, sebaiknya beritahukan kepada pembaca terkait hal-hal apa saja yang akan kita sampaikan pada artikel tersebut. Istilahnya, memberikan gambaran secara umum.

Setelah itu, barulah kita menuliskan isi atau inti dari artikel tersebut, dan ditutup dengan sebuah kesimpulan

#4. Menambahkan Gambar atau Video Ke dalam Artikel

Memasukkan gambar atau video (Yang relevan) ke dalam sebuah artikel merupakan hal yang sangat penting.

Karena selain untuk menambah daya tarik sebuah artikel, hal ini juga dimaksudkan agar pembaca tidak merasa bosan, karena hanya disuguhkan oleh teks saja (Tanpa tampilan visual berupa gambar).

Selain melalui google image, salah satu tempat untuk mencari gambar-gambar yang bagus adalah di PixaBay.

#5. Pisahkan Artikel Menjadi Beberapa Paragraf

Agar artikel menjadi lebih enak dilihat, jangan abaikan masalah paragraf. Sebaiknya, jangan menulis artikel lebih dari 4 (Empat) baris. Pisahkanlah dengan paragraf, agar artikel enak dibaca, dan tidak membuat sakit mata pembaca.

#6. Pergunakan Sub Judul Jika Diperlukan

Ada kalanya sebuah artikel memerlukan sebuah sub judul. Namun terkadang, sebuah artikel tidak memerlukan sub judul. Untuk itu, gunakanlah sub judul sesuai dengan kebutuhan.

Adapun artikel yang biasanya lebih baik jika menggunakan sub judul, adalah artikel dengan format list. Karena sebelum membuat list tersebut, biasanya diberi penjelasan berupa judul diatasnya.

#7. Gunakan Kata Kunci Yang Berhubungan Dengan Judul

Jangan hanya memasukkan kata kunci utama ke dalam sebuah artikel. Ini dikarenakan hal tersebut bisa di anggap sebagai sebuah tindakan yang curang di mata mesin pencari.

Untuk itu, variasikanlah kata kunci yang ada.

Sebagai contoh, kata kunci utama yang kita pilih adalah: Tips membeli laptop. Kata kunci ini bisa divariasikan dengan kata spesifikasi laptop untuk desain grafis, dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan kata kunci yang bervariasi seperti ini, artikel yang ditulis jadi lebih natural, dan tentunya enak dibaca oleh pengunjung blog.

#8. Tampilkan Referensi Artikel Jika Ada

Tidak ada salahnya ketika menulis sebuah artikel, kita terinspirasi dari sebuah buku, majalah, atau bahkan artikel lainnya. Jika hal itu terjadi, tidak ada salahnya untuk mencantumkan sumber referensi tersebut di akhir artikel.

Hal ini tentu saja sebagai apresiasi yang kita berikan, kepada sumber yang menjadi inspirasi tersebut.

#9. Memeriksa Tata Bahasa Sebelum Mempublish Artikel

Sebelum mempublish sebuah artikel, biasakanlah untuk memeriksa tata bahasa yang ada pada artikel tersebut.

Meskipun kita telah merasa yakin bahwa tidak ada terjadi typo (Salah ketik), tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk melakukan hal ini.

Lagipula, hal ini tidak terlalu memakan banyak waktu.

 

Tags : Cara Membuat Artikel, Cara Menulis Artikel

Categorised in:

Artikel Tentang 9 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Nyaman Dibaca