Menu Click to open Menus
Home » Cara Membuat Website » Wordpress » Cara Memasang Aplikasi Chatting di Website

Cara Memasang Aplikasi Chatting di Website

(212 Views) September 22, 2016 10:09 pm | Published by

Artikel kali ini akan membahas terkait cara memasang aplikasi chatting di website dengan gratis. Fitur chatting ini sangat dibutuhkan bagi anda yang menginginkan website menjadi lebih interaktif.

Namun jika tidak, anda tentunya bisa mengabaikan penggunaan aplikasi ini.

Berikut Ini Merupakan Cara Memasang Aplikasi Chatting di Website Secara Gratis

Pada contoh kali ini, kita akan menggunakan layanan Tawk. Meskipun layanan ini gratis, namun tetap memiliki sejumlah fitur yang tidak kalah dengan layanan chatting berbayar yang sejenis.

Sedangkan untuk websitenya, kita akan menggunakan website yang menggunakan CMS WordPress. Baiklah, langsung saja, berikut ini merupakan langkah-langkah dalam memasang layanan tawk ke dalam website kita.

#1. Mendaftar Melalui Situs Resmi Tawk di https://www.tawk.to/

Setelah berhasil masuk ke dalam situs resmi Tawk, maka anda harus mengisi nama, email, dan password. Jika semuanya sudah dipastikan terisi dengan benar, silahkan klik SignUp. 

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihatnya pada gambar di bawah ini.

Cara Memasang Aplikasi Chatting di Website

Gambar di atas merupakan tampilan ketika kita masuk ke situs resmi Tawk untuk pertama kali.

#2. Konfirmasi Pendaftaran Via Email

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, silahkan periksa email yang kita daftarkan untuk menggunakan layanan tawk tersebut. Silahkan klik link konfirmasi yang diberikan.

2-verifikasi-email

Pada gambar di atas, terlihat dengan jelas bahwa terdapat sejumlah keterangan yang mengharuskan kita untuk melakukan konfirmasi via email yang kita daftarkan.

#3. Mengisi Informasi Situs Yang Diminta

Pada langkah yang ke-3 (Ketiga) ini, kita diharuskan untuk mengisi sejumlah informasi yang berkaitan dengan website yang akan kita pasang dengan aplikasi chatting tawk.

3-masukkan-nama-situs-dan-url

Pada gambar di atas, kita diminta untuk mengisi nama website beserta memasukkan URL website yang kita miliki. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menekan tulisan Next.

4-masukkan-data-agent

Jika kita ingin menggunakan lebih dari 1 orang admin, silahkan tambahkan email di atas dengan email admin yang bersangkutan. Setelah itu, silahkan klik tulisan Next. Sebagai catatan, anda tidak harus menggunakan lebih dari 1 admin chatting.

5-install-chat-widgets

Pada gambar di atas, kita diminta untuk segera menginstall aplikasi chatting tawk pada website kita. Dan dalam hal ini terdapat 2 cara. Yang pertama, dengan langsung melakukan copy paste kode/script ke dalam website kita.

Yang kedua, dengan cara memasang plugin tawk ke dalam website yang kita gunakan.

Namun pada contoh kali ini, kita akan memasang langsung (Copy paste) kode/script ke dalam website kita.

#4. Memasang Kode Script Tawk Ke Dalam Website

Untuk memasang kode script ke dalam website, bisa dilakukan melalui menu yang ada pada website kita (WordPress). Silahkan pilih menu Appearance -> Editor untuk mulai melakukan pemasangan.

Jika kurang jelas, anda bisa mengikuti instruksi berdasarkan gambar di bawah ini.

6-masuk-menu-editor

Langkah selanjutnya, silahkan pilih menu footer.php seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Melalui menu footer.php inilah anda bisa memasukkan kode script yang sudah anda siapkan sebelumnya.

7-pilih-footer-php

Gambar di bawah ini merupakan panduan, terkait di bagian mana tepatnya anda harus memasukkan kode script dari aplikasi tawk.

8-masukkan-script-di-atas-tag-body

Setelah melakukan copy paste kode script iklan yang bersangkutan, silahkan klik Update Changes. Selamat! Karena anda telah berhasil memasukkan kode script aplikasi tawk dengan benar.

Untuk melihat apakah kode script aplikasi chatting tawk sudah terpasang dengan benar, silahkan lihat tampilan website anda.

9-aplikasi-tawk-sudah-terpasang

Pada gambar di atas, kita sudah melihat bahwa aplikasi chatting yang kita pasang barusan telah berhasil. Dengan demikian, dapat dikatakan jika langkah-langkah yang kita lakukan sudah benar.

Semoga bermanfaat.

Artikel Tentang Cara Memasang Aplikasi Chatting di Website