Menu Click to open Menus
Home » Blog » 5 Cara Membuat Blog Yang Menarik Bagi Pengunjung

5 Cara Membuat Blog Yang Menarik Bagi Pengunjung

(248 Views) September 2, 2016 4:53 pm | Published by

Cara Membuat Blog Yang Menarik

Ketika kita mencari berbagai macam informasi yang ada di internet (Googling), pastinya ada banyak sekali blog yang muncul di halaman pencarian mesin pencari.

Dan dari sekian banyaknya blog yang muncul tersebut, biasanya hanya beberapa saja yang akan di KLIK oleh pengguna internet yang sedang berselancar.

Bisa jadi karena faktor judul, deskripsi, dan lain sebagainya.

Intinya, menarik atau tidaknya sebuah blog lebih banyak ditentukan oleh para pengunjung tersebut.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait tips membuat blog yang menarik di mata pengunjung. Tujuannya adalah, agar blog kita selalu menjadi rujukan informasi bagi para pengguna internet.

Inilah 5 Cara Membuat Blog Yang Menarik Bagi Pengunjung

Note: Silahkan ditambahkan (Di kolom komentar) dengan versi anda, jika dirasa ada kekurangan. Atau jika ada beberapa hal yang belum masuk ke dalam daftar list berikut ini.

#1. Menentukan Topik

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika ingin membuat sebuah blog adalah topik. Dan perlu digarisbawahi, topik tidaklah sama dengan judul.

Misalnya, topik blog yang anda buat adalah seputar Laptop. Dan sub topiknya adalah Laptop untuk mahasiswa. Kedua hal tersebut kurang pas untuk dijadikan sebuah judul, karena cakupannya masih terlalu luas.

Adapun contoh judul yang baik untuk topik dan sub topik di atas adalah, 7 Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa S1. Atau, Cara Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Jurusan Desain Grafis.

Nah, terkait menentukan topik, ada 3 (Tiga) pendekatan.

Yang pertama, topik yang dipilih karena dicari oleh banyak orang (Hal ini bisa kita riset dengan menggunakan google keyword planner).

Yang kedua, topik yang dipilih karena menurut kita disukai oleh banyak orang. Biasanya, hal ini didasarkan pada masalah atau trend yang terjadi di social media dan berbagai forum online.

Yang ketiga, topik yang dipilih karena kita menyukai hal tersebut. Tanpa perduli ada orang lain yang tertarik dan berminat akan hal itu.

Dari ketiga pendekatan tersebut, silahkan pertimbangkan baik-baik sebelum memilih.

Jangan sampai aktivitas ngeblog anda terhenti hanya dalam waktu 3-4 bulan. Yang biasanya disebabkan oleh rasa bosan, salah memilih topik, dan sejumlah alasan lainnya.

#2. Menentukan Nama Domain

Berikutnya adalah menentukan nama domain untuk sebuah blog. Disini, ada dua (2) cara untuk menentukan nama domain.

Yang pertama, kita bisa memakai nama domain yang berhubungan dengan topik, atau kata kunci pada sebuah blog. Misalnya: TipsMembeliLaptop.com. Bisa dilihat bahwa blog tersebut membahas terkait Tips seputar Laptop.

Yang kedua, kita bisa memakai nama yang tidak berhubungan dengan topik atau kata kunci sebuah blog. Misalnya: Hipwee, yang lebih memilih ingin dikenal sebagai sebuah brand.

Tips:

  • Jangan sembarangan memilih nama domain, karena dari nama domain, kredibilitas sebuah blog bisa terlihat
  • Gunakan ekstensi nama domain yang termasuk kedalam Top Level Domain: .com, .net, .info. Jika tidak ada, Top Level Country Domain bisa digunakan (.co.id atau .id untuk negara Indonesia)

#3. Menentukan Platform

Di kalangan blogger, ada 2 (Dua) platform ngeblog yang biasa dipakai. Yakni Blogger dan WordPress (Ada yang gratis dan ada yang berbayar). Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Bagi anda yang ingin membuat blog dengan platform blogger secara gratis, silahkan baca artikel: Cara Membuat Blog Dengan Blogger. Sedangkan bagi pengguna wordpress, nantikan tutorial berikutnya.

Sekedar informasi, website yang anda baca ini menggunakan platform wordpress (Berbayar).

#4. Menentukan Penyedia Layanan Hosting dan Domain

Jangan pernah anggap remeh dengan penyedia layanan hosting dan domain, dan lantas cenderung sembarangan ketika memilih penyedia layanan tersebut.

Karena, kualitas penyedia layanan (Khususnya hosting) tersebut sangat mempengaruhi kecepatan sebuah blog.

Jika blog anda loadingnya lama, bisa dibayangkan dampaknya terhadap pengunjung. Bisa-bisa blog anda ditinggalkan oleh pengunjung secara perlahan.

Baca artikel Cara Membeli Domain dan Hosting ini, jika anda ingin menggunakan penyedia layanan domain dan hosting (Indonesia) lokal yang tak kalah bagusnya.

#5. Menulis Artikel Terbaik di Blog

Yang terakhir, dan sebenarnya inilah yang paling krusial. Yakni artikel/konten. Ada banyak sekali jenis konten yang bisa dibuat ke dalam sebuah blog. Seperti: Audio, video, infografis, dan artikel.

Namun, konten berupa artikel lah yang paling sering kita jumpai.

Dan karena inti dari sebuah blog adalah konten (Yang biasanya berbentuk artikel), usahakanlah menulis artikel terbaik di blog anda.

Caranya, tentu saja dengan mencari tahu terlebih dahulu terkait hal-hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Khususnya yang berhubungan dengan topik blog anda.

Artikel yang informatif dan edukatif, selalu disukai pengunjung ketimbang artikel yang dibuat sembarangan, dan hanya mengejar kuantitas semata.

Tags : Cara Membuat Blog

Tags:
Categorised in:

Artikel Tentang 5 Cara Membuat Blog Yang Menarik Bagi Pengunjung