Blogger

Berapa Harga Hosting per Bulan

Berapa Harga Hosting per Bulan

Saat ingin membuat website, tentu tidak akan lepas dari yang namanya layanan domain serta hosting bukan? Perlu Anda ketahui, hosting sendiri merupakan tempat penyimpanan data website yang perannya cukup penting bagi sebuah website agar bisa diakses secara online.

Namun kira-kira, berapa harga hosting per bulan nya? Seperti diketahui, semakin besar penyimpanan yang Anda sewa semakin tinggi juga biaya hosting per bulan yang harus dikeluarkan. Untuk ulasan lengkapnya, simak artikel berikut hingga selesai.

Jenis-jenis Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Dalam menentukan biaya atau harga hosting per bulan, Anda perlu mengetahui lebih dulu jenis hostingnya. Setiap jenis hosting tentu menawarkan harga yang berbeda-beda, karena ini dipengaruhi oleh spesifikasi yang cukup beragam.

Berikut kami akan jelaskan beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih untuk digunakan.

  • Shared Hosting

Jenis hosting satu ini merupakan tipe yang paling terjangkau diantara jenis hosting yang lain. Server hosting akan digunakan dengan website lainnya, alhasil kinerja website pun bisa terpengaruh oleh website lain yang berada di satu server.

  • VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server Hosting sangat memungkinkan penggunanya  untuk memiliki kontrol lebih besar ke sebuah server virtual, dengan harga yang lebih tinggi dari shared hosting tentunya.

Namun jika memilih ini, Anda wajib memiliki kemampuan untuk mengelola server. Mulai dari instalasi hingga pengaturan VPS.

  • Dedicated Hosting 

Jenis hosting ini merupakan layanan penyewaan server fisik khusus. Nantinya satu server hanya akan digunakan untuk Anda saja. Layanan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai website dengan resource cukup besar.

  • Cloud Hosting 

Terakhir, Cloud Hosting merupakan jenis hosting dengan teknologi penyimpanan hosting dimana data akan disimpan dalam server cloud yang berbeda. Jadi, jika nantinya salah satu server cloud bermasalah, Anda masih memiliki backup dari server cloud lain.  

Jenis hosting ini sangat direkomendasikan apalagi untuk perusahaan besar. Tentu harganya pun lebih mahal jika dibandingkan paket shared hosting. Ini terletak dari teknologi hosting yang digunakan.

Dari keempat jenis hosting tersebut, kira-kira jenis manakah yang Anda butuhkan?

Kisaran Harga Hosting Per Bulan

Sebelumnya Anda sudah mengetahui jenis-jenis dari hosting itu sendiri. Dalam hal ini tentu Anda juga semakin penasaran bukan dengan biaya hostingnya?

Berikut kami akan berikan rincian harga hosting per bulan untuk jenis cloud hosting dari hosting dewaweb yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakannya. 

Harga Hosting Personal dan SMB

Paket yang satu ini disediakan untuk berbagai situs perusahaan kecil serta menengah, bahkan blog pribadi pun sering menggunakannya.

  • Scout: Rp20.000/bulan dengan NVMe Storage 1GB
  • Hunter: Rp40.000/bulan dengan NVMe Storage 2GB
  • Warrior: Rp90.000/bulan dengan NVMe Storage 4GB
  • Guardian: Rp140.000/bulan dengan NVMe Storage 8GB

Harga Hosting Corporates

Hosting Corporate ini digunakan untuk situs dengan CMS yang berat, situs jual beli yang kompleks, hingga situs berita dengan pengunjungnya yang lebih dari 50.000 user/hari.

  • Crusader: Rp137.500/bulan dengan NVMe Storage 20GB
  • Paladin: Rp330.000/bulan dengan NVMe Storage 40GB
  • Oracle: Rp660.000/bulan dengan NVMe Storage 80GB.

Itulah kisaran harga dari paket hosting yang bisa Anda bayarkan per bulan. Intinya hosting ini merupakan layanan untuk menyimpan file serta data website pada server khusus, sehingga dapat diakses oleh pengguna melalui jaringan internet.Jika server hosting mati, tentu semua file dan data tidak bisa diakses oleh pengguna internet karena website hilang. Jadi, pastikan Anda memilih layanan server hosting yang mempunyai uptime server yang bagus serta layanan pelanggan yang cepat. Semoga membantu

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Membuat sebuah blog tidaklah sesulit yang dibayangkan. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam platform blog yang gratis, dan siap untuk langsung digunakan oleh seorang blogger/penulis.

Beberapa platform gratis yang terkenal diantaranya, blogger, wordpress, tumblr, dan lain sebagainya.

Namun pembahasan kita kali ini jatuh kepada platform blogger, yakni sebuah platform blog gratis yang cukup dikenal luas dikalangan luar. Baik oleh kalangan blogger, maupun kalangan umum sekalipun.

Layanan ini (Blogger/blogspot) merupakan layanan gratis miliki raksasa google, yang untuk menggunakannya harus memiliki akun gmail (Google mail) terlebih dahulu.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi tentang cara membuat blog dengan blogger, silahkan simak baik-baik artikel berikut ini.

Karena pada artikel berikut ini, kita akan membahas terkait tutorial membuat blog dengan menggunakan blogger (Blogspot).

Langkah 1 – Silahkan masuk melalui alamat: www.blogger.com dan log in dengan menggunakan akun gmail anda.

Ketika anda masuk melalui situs www.Blogger.com, maka anda secara otomatis akan langsung diarahkan menuju halaman yang mengharuskan anda, untuk memasukkan akun gmail anda (Password dan Username).

Untuk itu, jika anda belum memiliki akun gmail, silahkan dibuat terlebih dahulu.

Karena untuk membuat sebuah akun gmail tidaklah memerlukan waktu yang lama. Dan secara tidak langsung, bisa dikatakan bahwa memiliki akun gmail merupakan syarat utama untuk bisa membuat blog dengan platform blogger.

Langkah 2 – Berikutnya, anda akan dibawa menuju halaman dashboard blogger, yang untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Pada gambar diatas merupakan dashboard halaman blogger milik anda. Dan untuk membuat blog baru, silahkan klik tulisan New Blog, yang sudah diberi tanda panah berwarna merah.

Langkah 3 – Silahkan isikan nama/judul blog anda, nama URL, beserta themes yang akan digunakan.

Cara Membuat Blog Dengan BloggerPada langkah ketiga seperti gambar diatas, kita akan diarahkan pada sebuah halaman dimana kita diharuskan untuk mengisi judul blog, URL, beserta themes yang akan kita gunakan untuk blog berbasis blogger yang kita miliki.

Dan pada contoh kali ini, kita menggunakan nama KarenaMamaURL KarenaMama.blogspot.com, dan themes picture window.

Apabila nama URL yang kita pilih tersedia (Seperti ditunjukkan dengan tanda ceklist pada gambar diatas), maka langkah selanjutnya adalah mengklik tulisan Create Blog! 

Namun ada kalanya URL yang kita pilih tidak tersedia (Sudah diambil oleh orang lain). Jika hal ini terjadi, silahkan cari URL yang lain. Sebagai saran, sebisa mungkin gunakanlah URL yang singkat, serta gampang diingat maupun diucapkan (Dibaca).

Hal ini agar memudahkan kita dalam mempromosikan blog kita kepada orang lain, melalui ejaan secara langsung.

Langkah 4 – Lakukan pengaturan-pengaturan yang diperlukan seperti widget, label, dan lain sebagainya.

Blogger sudah jadi

Sampai disini, sebenarnya kita telah berhasil membuat blog dengan menggunakan blogger. Sebagaimana yang dapat dilihat pada gambar diatas, dimana kita sudah bisa melihat munculnya blog yang baru saja kita buat.

Namun meskipun demikian, kita tetap masih bisa melakukan berbagai pengaturan, sekiranya blog yang kita buat masih memerlukan berbagai pengaturan tersendiri.

Silahkan lakukan pengaturan-pengaturan tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Biasanya, pengaturan-pengaturan tersebut meliputi: themes yang kurang cocok, tampilan layout yang ingin dimodifikasi lagi, dan lain sebagainya.

Hanya sebagai saran dan masukan, usahakan jangan terlalu lama untuk berkutat dimasalah pengaturan.

Karena yang paling penting dari sebuah blog bukanlah masalah pengaturannya, melainkan konten yang disajikan di dalam blog tersebut.

Demikian artikel terkait cara membuat blog mebggunakan blogger ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.