Website - Toko Online - Google Ads - Facebook Ads - SEO - Digital Marketing
Beranda » Artikel Ter-Hot » Cara Posting di Blog WordPress

Cara Posting di Blog WordPress

Diposting pada 16 August 2016 oleh isni

Dalam sebuah website, konten memegang peranan yang penting. Sebuah website dengan desain yang bagus, produk/jasa yang berkualitas, tidak akan memberikan hasil yang efektif jika tidak memiliki konten berkualitas.

Adapun yang dikatakan sebagai sebuah konten pada sebuah website, bisa berupa artikel/tulisan, video, audio, infografis, dan lain sebagainya.

Namun demikian, konten berupa artikel/tulisan merupakan jenis konten yang relatif cukup mudah untuk dibuat. Untuk itulah banyak orang yang lebih suka membuat konten jenis artikel/tulisan.

Berikut ini kita akan membahas terkait cara posting konten di website wordpress yang kita miliki

1. Log in terlebih dahulu kedalam dashboard wordpress kita

Log in admin wordpress

Seperti biasanya, silahkan log in kedalam dashboard wordpress kita, dan masukkan username dan password dengan benar. Kemudian, KLIK log in.

2. Buat konten baru melalui menu Post -> Add New

Jika sudah, maka kita akan dibawa menuju halaman dashboard yang merupakan tempat kita membuat konten baru. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Buat postingan baru

Gambar diatas merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memposting sebuah konten (Dalam hal ini postingan). Silahkan pilih menu Post -> Add New. Maka kita akan dibawa menuju halaman postingan.

3. Saatnya membuat konten baru

Di halaman inilah kita mulai menulis postingan untuk ditampilkan di website wordpress kita. Dari mulai judul, deskripsi, isi konten, gambar (Jika ada), audio, video, dan lain sebagainya. Semuanya dibuat disini.

Pengaturan Konten

Pada gambar diatas, ada cukup banyak keterangan yang bisa kita isi sesuai petunjuk. Antara lain sebagai berikut:

Judul – Sebaiknya ditulis dengan memasukkan unsur kata kunci. Untuk sebagain besar themes wordpress, judul akan otomatis dianggap sebagai heading 1 (H1).

Permalink – Merupakan URL yang sebaiknya juga mengandung unsur kata kunci. Dalam hal ini, kita juga bisa dengan mudah melakukan editing pada permalink.

Konten – Sebaiknya diisi dengan panjang kata (Word) minimal 300 kata. Hal ini agar konten tidak terlalu kurus, sehingga isinya bisa bermanfaat untuk pengunjung.

Sub heading 2 dan 3 – Jangan lupakan juga untuk memasukkan sub judul 2 dan 3, atau biasa disebut sebagai sub heading 2 dan 3 (H2 dan H3). Hal ini untuk memenggal konten agar tidak terlalu panjang, dan enak untuk dibaca.

Ini juga (Penerapaan heading 2 dan 3) cukup berpengaruh pada proses optimasi sebuah website.

4. Tambahkan konten dengan unsur media

Konten yang hanya menampilkan teks saja (Tanpa disertai gambar), tentunya tidak akan menarik. Untuk itulah kita perlu memasukkan gambar yang berhubungan dengan sebuah konten.

Caranya cukup gampang. Silahkan lihat dan ikuti panduan pada gambar berikut ini.

Menambahkan gambar

Silahkan klik Add Media, maka akan muncul dua pilihan untuk memasukkan gambar. Yakni melalui upload file dan media gallery. Pada contoh kali ini, kita akan mengguanakan cara upload files.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Dua pilihan memasukkan gambar

Setelah memilih menu upload files, maka kita akan dibawa menuju halaman seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Pilih gambar dengan upload

Cara upload files merupakan cara memasukkan gambar ke dalam postingan, dengan mengambil gambar yang terdapat pada PC/laptop kita.

Untuk itu, silahkan pilih gambar yang relevan dengan konten kita, yang terdapat pada PC atau laptop kita.

Pilih gambar di PC kita

Silahkan perhatikan dan ikuti panduan pada gambar diatas, untuk mengupload gambar melalui PC/laptop kita.

Isi judul lalu insert to post

Jika sudah, silahkan isi nama judul, alt text, hingga deskripsi gambar, sebelum melakukan KLIK Insert into post. 

Jika sudah, silahkan KLIK insert to post untuk memasukkan gambar kedalam postingan website kita. Gambar yang berhasil masuk ke dalam postingan website kita akan tampil seperti halnya gambar dibawah ini.

Gambar berhasil dimasukkan dalam postingan

Pada gambar diatas, kita sudah berhasil memasukkan gambar kedalam konten kita.

Namun seperti yang terlihat, tampilannya kurang bagus (Rata tengah). Ada baiknya kita merubahnya menjadi rata kiri. Sehingga tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar berhasil dirapikan dalam postingan

Nah, gambar diatas sudah terlihat sangat rapi untuk ditampilkan di dalam konten kita. Langkah selanjutnya adalah memeriksa keseluruhan postingan, sebelum melakukan publish.

Cara Posting di Blog WordPress

Pada gambar diatas, konten yang kita buat sudah dilengkapi dengan judul, permalinks, dan sub judul.

Perhatikan juga bahwa jumlah kata (Word count) adalah 400 word. Berarti sudah lebih dari 300 word dimana ini merupakan jumlah yang sangat baik untuk optimasi sebuah website. Jika sudah, silahkan KLIK publish.

Selesai…

Sampai disini, kita sudah berhasil membuat sebuah konten untuk website kita. Semoga bermanfaat.

 

Tags : cara posting di blog, cara posting di wordpress

Bagikan informasi tentang Cara Posting di Blog WordPress kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Posting di Blog WordPress | Hot Bisnis

Komentar dinonaktifkan: Cara Posting di Blog WordPress

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Artikel Ter-Hot

Cara Mendapatkan Ide Bisnis Online Untuk Pemula

Diposting pada 28 September 2016

Ketika anda memutuskan untuk terjun menggeluti bisnis online, salah satu hal yang sudah harus anda miliki adalah ide bisnis online tersebut. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan hal yang akan anda kerjakan. Jika sebatas ide saja belum dimiliki, lantas... selengkapnya

Artikel Ter-Hot

4 Cara Pembayaran Facebook Ads Untuk Wilayah Indonesia

Diposting pada 23 August 2016

Saat ini semakin banyak saja orang-orang yang lebih memilih untuk menggunakan iklan berbayar (Paid review), ketimbang iklan yang gratisan. Salah satu alasannya, iklan berbayar dianggap lebih cepat kelihatan hasilnya, walaupun untuk mencapai hal tersebut (Hasil) harus mengeluarkan sejumlah uang. Akan... selengkapnya

Artikel Ter-Hot

Contoh Iklan Google Adsense

Diposting pada 18 September 2016

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait contoh iklan google adsense yang bisa dipasang pada sebuah website ataupun blog. Hal ini diperlukan untuk mengetahui, iklan jenis apa yang kiranya cocok untuk dipasang pada website ataupun blog yang kita miliki.... selengkapnya

SIDEBAR