Menu Click to open Menus
Home » Cara Membuat Website » Cara Setting Widget Pada WordPress

Cara Setting Widget Pada WordPress

(19 Views) August 16, 2016 11:32 am | Published by

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait cara setting widget pada website wordpress kita. Namun sebelumnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu terkait pengertian widget pada wordpress.

Widget merupakan aplikasi yang bisa dipasang pada website berbasis wordpress, yang terlihat dengan jelas pada tampilan sebuah website.

Sebagai contoh, widget biasanya bisa terlihat dibagian sidebar (Kanan atau kiri), header, atau footer sebuah website.

Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan cara setting widget dan menampilkannya pada website wordpress kita.

Langkah pertama, silahkan log in ke dalam dashboard wordpress kita, dan cari menu Appearance -> widgets.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

Setting widget melalui dashboard

Silahkan KLIK menu widgets, seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Jika sudah, maka kita akan dibawa menuju halaman widget berikut ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar dibawah, dimana terdapat beberapa widget yang bisa digunakan untuk website wordpress kita.

Widget recent comments

Pada gambar diatas, terlihat ada berbagai macam widget yang bisa kita pilih untuk ditampilkan pada website kita.

Mulai dari akismet widget (Penangkal spam), archives, blog subscriptions (Form berlangganan artikel), calender, categories, custom menu, meta, page (Halaman) hingga recent comments (Komentar terkini).

Pada contoh kali ini, kita akan memasang widget recent comment, yakni widget yang berfungsi untuk memunculkan komentar-komentar terkini  terhadap postingan/tulisan/artikel yang ada di website kita.

Adapun letaknya adalah sesuai dengan layout website kita masing-masing. Namun kali ini, widget tersebut terletak di bagian sidebar, tepatnya sidebar sebelah kanan.

Langsung saja pilih dan KLIK widget recent commentssehingga akan muncul gambar berikut ini.

Setting tampilan widget

Adapun keterangan primary, secondary, dan header, merupakan keterangan dimana kita ingin meletakkan dan menampilkan widget tersebut. Dan kali ini kita akan menampilkan widget tersebut di bagian primary

Dalam hal ini, menu primary terletak di sidebar bagian kanan website.

Namun sekali lagi, tata letak setiap website dengan website lainnya tidak selalu sama. Bisa jadi di tata letak website lainnya, bagian primary terletak di sidebar sebelah kiri. Begitu juga sebalinya.

Jika kita sudah menentukan tata letak widget yang diinginkan, langsung saja KLIK add widget sehingga kita akan dibawa menuju halaman, seperti gambar dibawah ini.

Simpan hasil setting widget

Selanjutnya, silahkan isi title widget tersebut dengan keterangan apapun yang kita inginkan. Bisa diisi dengan komentar terbaru, komentar terkini, atau bisa dikosongkan saja.

Namun jika dikosongkan, maka keterangan widget tersebut akan menjadi default. Yakni recent comments.

Kemudian, silahkan tentukan berapa banyak jumlah komentar/number of comments yang ingin ditampilkan pada widget tersebut. Sebaiknya tidak terlalu banyak, agar tampilan sidebar website tidak menjadi terlalu panjang.

Memasukkan jumlah 5-7 rasanya sudah cukup tepat dalam hal ini. Untuk itu, disini kita akan mengisi angka 5 untuk number of comments to show.

Jika sudah, silahkan KLIK Save. Dan kemudian lihat tampilan website kita dibagian sidebar, dimana widget yang baru saja dibuat (Recent comments) sudah terpasang dan tampil dengan sempurna.

Tampilan widget recent commets

Gambar diatas merupakan tampilan widget recent comments yang terletak dibagian sidebar. Untuk lebih jelasnya, tampilan website wordpress secara utuh bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Tampilan widget recent comments pada website

Sampai disini, cara setting widget sekaligus pemasangannya sudah selesai dan berhasil dengan sempurna.


Sebagai informasi tambahan, widget pada sebuah website (Khususnya wordpress) memang cukup bermanfaat. Salah satunya adalah untuk mempermudah navigasi website, yang berimbas pada kenyamanan pengunjung.

Namun sebaiknya jangan terlalu banyak memasang widget, karena bisa mempengaruhi kecepatan loading website. Pergunakanlah widget dengan bijaksana dan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Categorised in:

Artikel Tentang Cara Setting Widget Pada WordPress