Fungsi Dari Web Hosting

Apa Fungsi Dari Web Hosting?

Jika berkunjung ke laman ini, sudah bisa kami tebak mungkin Anda sedang berencana untuk membuat website. Namun banyak diantaranya yang masih cukup bingung mengapa harus beli domain hingga hosting. Lalu sebetulnya apa itu hosting dan fungsi dari web hosting ini?

Web hosting ini merupakan hal yang cukup penting dan diperlukan saat Anda ingin membuat website. Dengan hal ini, Anda juga perlu mengetahui pengertian, jenis, dan pertanyaan tadi yakni apa fungsinya. Artikel ini akan membahasnya secara lengkap untuk Anda!

Pengertian dan Fungsi Dari Web Hosting 

Hosting atau web hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua file serta data website. Dengan begitu file pun bisa diakses oleh banyak orang melalui internet.

File dan data tersebut bisa berupa gambar, video, email, script, aplikasi, serta database. Tentu saja, tanpa adanya hosting Anda tak bisa membuat situs web. Itulah mengapa Anda perlu menyewa hosting dulu untuk membuat website.

Fungsi Dari Web Hosting

Ibaratnya, jika Anda ingin membangun rumah yang besar dan luas, tanahnya juga harus luas bukan? Ini sama juga dengan website, jika Anda ingin membangun dengan kapasitas dan performa tinggi, perlu juga hosting yang sumber dayanya besar.

Sampai disini, apakah Anda tertarik untuk memahami lebih jauh tentang hosting? Simak apa saja fungsi pentingnya berikut.

Fungsi Dari Web Hosting

Hosting sendiri memiliki banyak kegunaan terbaik yang bisa Anda manfaatkan. Adapun beberapa fungsi penting dari web hosting yang perlu Anda ketahui diantaranya:

Untuk Menyimpan Data Website

Fungsi web hosting yang paling utama yakni sebagai tempat penyimpanan file serta data website. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, disini Anda bisa mengelola data tersebut, hingga bisa ditampilkan pada halaman website.

Contohnya, Anda ingin membuat website toko online dengan menampilkan banyak gambar produk serta menargetkan jumlah pengunjung yang banyak. Secara otomatis Anda harus menggunakan produk hosting yang bisa menampung kapasitas beban tersebut.

Oleh karena itu, carilah kapasitas hosting yang sesuai dengan situs website Anda.

Bisa Melindungi Website Anda dari Serangkaian Serangan Hacker

Hosting sendiri merupakan tameng utama dalam hal keamanan website. Itu karena, jika hostingnya lemah hacker dengan mudah bisa masuk ke sistem serta menguasai website Anda.

Faktanya, sudah ada sekitar hampir 90 juta kasus hacking yang terjadi di Indonesia dalam empat bulan pada tahun 2020. Beberapa situs besar seperti halnya website DPR RI, KPU, Telkomsel, hingga Database Kejaksaan Agung pun pernah menjadi sasarannya.

Salah satu penyebabnya yakni karena salah memilih hosting. Oleh karena itu, Anda perlu memilih hosting dengan fitur keamanan yang canggih. 

Perlu Membuat Website dengan Performa Tinggi

Selain kedua fungsi tadi, hosting juga berperan penting dalam membuat website berperforma tinggi. Bahkan beberapa penyedia layanan hosting yang berkualitas akan menawarkan fitur unggulan untuk membuat website stabil dan anti lelet.

Seperti misal, server hosting menggunakan data center yang canggih contohnya data center berstandar tier  -4. Kualitas data center itu tidak perlu diragukan lagi, sebab memiliki berbagai fitur canggih, diantaranya:

  • Dedicated line, untuk menghindari gangguan jaringan
  • Multiple upstream, memungkinkan server menggunakan beberapa jaringan.
  • Power outage, dua pembangkit listrik untuk memastikan pasokan listrik tetap aman.

Dengan adanya fitur tersebut tidak heran memang jika data center ini memiliki tingkat availability sebesar 99,9%.  Artinya, kemungkinan terjadi gangguan server akan sangat kecil. Jadi, website Anda pun bisa tetap online dan stabil.

Bisa Meningkatkan SEO Website

Sebetulnya, hosting tak secara langsung bisa meningkatkan SEO website. Jika memang kualitas hostingnya bagus, ini tentu dapat membuat website semakin ngebut, stabil, dan aman. 

Faktanya, website yang lemot merupakan salah satu penyebab utama tingginya pengunjung untuk meninggalkan website atau disebut dengan bounce rate. Inilah yang bisa menurunkan peringkat SEO website Anda, bahkan setiap loading website 1 detik, Anda bisa kehilangan sekitar 7% konversi bisnis.

Itulah beberapa fungsi dari web hosting untuk sebuah website. Dengan berbagai kegunaannya ini, tentu keberadaan hosting diperlukan bagi sebuah website. Jadi, jika Anda berencana untuk membuat website apalagi yang profesional, hosting wajib ada.

Jenis-jenis Web Hosting

Hampir seluruh provider menawarkan berbagai paket hosting yang berbeda-beda menurut fitur dan manfaat yang disertakannya. Saat ini, ada lima jenis web hosting yang ada di pasaran, yaitu:

  • Shared Hosting

Ini merupakan jenis hosting yang harganya paling terjangkau dan cukup populer. Paket satu ini sangat cocok digunakan untuk blog serta website yang sederhana, apalagi jika Anda baru akan mulai membuat website.

Dengan menggunakan shared hosting, Anda akan berbagi server dengan klien lainnya pada provider hosting yang sama. Website yang di online-kan pada server yang sama akan berbagi semua resource, seperti halnya memori, ruang disk, daya komputasi, dan sebagainya.

  • VPS Hosting

Dengan Anda menggunakan VPS hosting, sebetulnya website Anda masih menggunakan server fisik yang sama dengan website lain. Akan tetapi, terdapat partisi virtual tersendiri untuk setiap user, dengan begitu website yang dihosting pada VPS akan mendapatkan resource khusus.

Oleh sebab itu, VPS merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuat website dengan skala medium, toko online, serta blog besar yang menargetkan pertumbuhan pesat mengenai jumlah pengunjung, karena fungsi dari web hosting berjalan optimal.

  • Cloud Hosting

Ini menggunakan beberapa server virtual dalam menghosting sebuah website. Jadi jika salah satu server mengalami gangguan, server yang lain akan menggantikannya, sehingga performa website Anda akan tetap optimal.

Oleh karena menggunakan beberapa web server, cloud hosting merupakan pilihan tepat bagi bisnis yang memiliki banyak website serta website berskala besar seperti halnya toko online. Layanan yang satu ini mampu mengakomodasi lonjakan traffic tinggi hampir tanpa adanya downtime.

  • Dedicated Hosting

Hosting satu ini menyediakan server fisik yang benar-benar dikhususkan untuk setiap website. Dedicated hosting memungkinkan Anda dalam mengkonfigurasi server sendiri, memilih OS beserta software yang sesuai keinginan, dan bisa mengatur seluruh area hosting menurut spesifikasi Anda.

  • WordPress Hosting

Terakhir, Anda juga bisa memilih jenis hosting yang satu ini yakni WordPress hosting yang merupakan salah satu tipe CMS hosting dengan servernya dioptimalkan untuk WordPress agar loadingnya lebih cepat dan minim masalah. 

Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa menggunakan jenis web hosting lainnya untuk website yang dibuat pada CMS ini. Umumnya, paket WordPress hosting akan menyertakan fitur tambahan terkait dengan WordPress.

Sebut saja tema dari WordPress itu sendiri yang siap pakai, plugin penting untuk cache serta keamanan, page builder drag and drop, serta tool developer.

Itulah beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan provider hosting yang dipilih menyediakan berbagai jenis layanan, dengan begitu nantinya Anda bisa upgrade kapan saja dengan mudah.

Fungsi dari web hosting pun akan optimal jika Anda memilihnya dengan cermat dan sesuai. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat dan pilihlah dengan bijak!