Menu Click to open Menus
Home » Memulai Bisnis » Memilih Kerja atau Usaha

Memilih Kerja atau Usaha

(409 Views) August 8, 2018 1:24 pm | Published by

 

memilih-kerja-atau-usaha

Memilih kerja atau usaha ? mungkin pertanyaan itu sering muncul ketika kita sudah lulus di bangku sekolah atau bangku perkuliahan, karena hal itu pernah saya rasakan ketika saya lulus di bangku sekolah, saya bingung harus bekerja terlebih dahulu atau memulai usaha langsung ya, sangat wajar untuk kita yang baru lulus untuk memilih dari dua hal tersebut.

Sebenarnya baik Anda menjalankan usaha sendiri atau bekerja menjadi karyawan masing-masing dari seiap profesi memiliki kekurangan dan kelebihan, namun apabila Anda menjalankan keduanya dengan secara baik dan maksimal maka semuanya akan sangat menguntungkan, tinggal bagaimana Anda saja menyikapi kedua pilihan tersebut.

Dan sebaliknya jika Anda menjalankan dengan malas-malasan maka hasil yang akan Anda dapatkan tidak akan maksimal seperti Anda menajankannya dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh, maka dari itu jalankan sesuatu dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh agar hasil yang Anda akan dapatkan nantinya akan maksimal.

Baik kami akan memberikan ulasan untuk Anda apakah harus memilih kerja atau usaha dibawah ini :

Kelebihan dan kekurangan dalam membuka usaha, banyak yang bilang bahwa apabila kita membuka usaha maka potensi untuk suksesnya sangatlah tinggi, asumsi ini tidak benar sepenuhnya seperti yang sudah kami jelaskan di atas tergantung dari dalam diri kita sendiri.

Namu kami akan menjelaskan beberapa kekurangan dan kelebihan agar Anda tidak bingung lagi harus memilih yang mana untuk memulai karir Anda nantinya, berikut ini adalah penjelasan kekurangan dan kelebihannya di dunia usaha dan di dunia kerja.

Baik yang pertama kita akan membahas kekurangan dan kelebihan jika Anda ingin memilih dunia usaha di antaranya ada sebagai berikut :

Kekurangan dalam memulai usaha

Walaupun ada yang bilang jika kita memulai usaha maka kita akan memiliki penghasilan yang besar melebih dari gaji pegawai kantoran, itu merupakan kebiasaan iming-imingan dari para motivator namun Kami akan mengingatkan kepada Anda bahwa memulai usaha itu tidak semudah apa yang dibicarakan oleh para motivator.

Namun harus kita ketahui juga ketika memulai usaha kita akan di pertemukan dengan berbagai macam rintangan, seperti akan membutuhkan modal yang cukup banyak, SDA yang sangat terbatas, SDM yang sangat terbatas, hingga memilih tempat yang cocok untuk usaha yang akan kita mulai nanti.

Kelebihan dalam memulai usaha

Kelebihan dalam membuka usaha sendiri adalah Anda bebas menentukan waktu memulai dan waktu tutupnya serta tidak ada yang bisa memarahi Anda, menyuruh-nyuruh Anda karena Anda sendirilah yang mengatur semuanya.

Semua perarturan Anda sendirilah yang mengatur, namun walaupun Anda sendiri yang mengatur semuanya bukan berarti Anda se-enaknya atau semaunya dalam menjalankan usaha karena nanti hasilnya tidak akan maksimal.

Kelebihan dalam memulai usaha antara lain adalah :

1 Kita Adalah Bos

Ya kita adalah bos, karena kita tidak bekerja dengan orang lain dan kita bekerja hanya untuk diri kita sendiri dan tidak akan ada yang berani menyuruh-nyuruh kita lagi, semua keputusan berada di tangan kita, tidak akan ada lagi yang ikut campur tentang bisnis kita.

tidak seperti kita memiliki investor ataupun partner berbisnis, karena apabila kita memiliki partner berbisnis atau investor kita tidak akan bisa berjalan dengan sesuka hati, dikarenakan semua keputusan bukan mutlak berada ditangan kita, berbeda dengan usaha itu miliki kita sendiri semua keputusan akan mutlak berada ditangan kita.

2 Melatih Jiwa Leadership

Dengan membuka usaha sendiri berarti Anda sedang melatih jiwa kempimpinan, karena nantinya Anda kana memiliki banyak karyawan untuk mengembangkan usaha-usaha Anda, dan jangan pernah Anda memiliki jiwa bos karena apabila Anda memiliki jiwa bos karyawan-karyawan Anda nantinya akan merasa bosan dan kesal kepada Anda dan itu akan mengakibatkan usaha Anda nantinya lambat untuk berkembang karena karyawan nantinya akan malas-malasan dalam bekerja.

3 Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan membuka usaha maka Anda bisa bermanfaat untuk banyak orang nantinya, karena akan banyak orang yang akan terbantu dengan Anda, Andapun akan membantu negri ini dalam mengurangi angka pengangguran nantinya, saran kami ketika memulai usaha niatkanlah karena ingin membantu banyak orang lagi, karena nanti Allah akan mempermudah jalanmu.

4 Memiliki Banyak Waktu Untuk Keluarga

Keluarga Adalah Nomor Satu, ya perkataan itu sering muncul dari kebanyakan orang dan perkataan itu memang betul adanya keluarga adalah segala-galanya untuk kita, coba Anda bayangkan saja ketika Anda bekerja nanti berapa banyak waktu yang Anda luangkan untuk keluarga Anda ? jawaban Anda pasti sangat sedikit bahkan bisa saja Anda tidak memiliki waktu untuk keluarga karena Anda terlalu sibuk untuk bekerja.

Berbeda dengan ketika Anda membuka usaha, Anda memiliki waktu yang sangat luang untuk keluarga bahkan Anda bisa melihat perkembangan anak-anak Anda dan Anda tidak akan mengalami lagi pergi anak masih tidur pulang anak sudah tidur.

Kekurangan dalam bekerja

Apabila Anda bekerja maka mau tidak mau Anda harus mentaati peraturan yang berada di kantor dan Anda tidak bisa untuk membantahnya bahkan Andapun harus mentaati apa yang di katakan oleh bos Anda atau atasan Anda, karena apabila Anda melanggar perarturan maka Anda akan ditegur bahkan bisa saja Anda dikeluarkan, maka apabila Anda memilih untuk bekerja harus patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan Anda.

Terkadang pekerjaan Anda tidak di hargai oleh atasan Anda, namun janganlah bersedih dan janganlah baperan memang seperti itulah nasib para pegawai walaupun dia sudah bekerja secara maksimal masih tetap saja tidak di hargai, maka saran kami jadikanlah itu acuan untuk dirimu agar kelak nanti dirimu bisa sukses.

Kelebihan dalam bekerja

Kelebihan di dunia kerja adalah Anda tidak perlu lagi pusing akan penghasilan Anda, karena Anda sudah memiliki penghasilan yang tetap, bahkan disetiap bulannya pasti Anda memiliki penghasilan tidak seperti usaha yang pendapatannya tidak pasti, Maka dengan itu pastinya Anda harus bisa merencanakan keuangan Anda dengan sebaik-baik mungkin, agar gaji yang Anda miliki bisa terkelola dengan rapih.

Mungkin bagi Anda yang beruntung bekerja di perusahaan yang menjamin beberapa kebutuhan yang sangat penting untuk karyawannya maka patut Anda syukuri karena banyak dari mereka yang bekerja dibeberapa perusahaan kebutuhan karyawan tidak pernah diperhatikan oleh atasanya.

Demikianlah pembahasan tentang pilih kerja atau usaha, semuanya sama-sama baik untuk Anda jalankan asal Anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh karena apabila Anda mengerjakannya dengan malas-malasan maka hasil yang akan Anda dapatkan pasti sangat tidak baik.

Semoga artikel memilih kerja atau usaha bisa bermanfaat untuk Anda.

 

Categorised in:

Artikel Tentang Memilih Kerja atau Usaha