Menu Click to open Menus
Home » Peluang Bisnis » 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Peluang Usaha Waralaba  

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Peluang Usaha Waralaba  

(130 Views) October 12, 2016 3:21 pm | Published by

Peluang Usaha Waralaba

Saat ini, harus diakui jika iklim bisnis di Indonesia telah berkembang dengan sangat pesat. Dan salah satu jenis bisnis yang paling digemari adalah bisnis waralaba.

Ya. Bisnis waralaba ini memang memiliki sejumlah keuntungan tersendiri.

Salah satunya adalah bisnis ini hanya tinggal melanjutkan saja. Karena sejatinya, bisnis ini telah (Berhasil) dikembangkan oleh ownernya, sehingga cukup dikenal oleh masyarakat luas.

Inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk menjalankan bisnis ini. Dan tentunya memang tidak ada yang salah dengan hal itu.

Namun meskipun demikian, jika Anda termasuk orang yang ingin berbisnis waralaba, jangan gegabah dalam mengambil keputusan.

Karena tidak semua bisnis waralaba mampu memberikan keuntungan, terlebih lagi jika Anda tidak teliti dalam memilihnya.

Ya. Anda sebagai Franchisee (Terwaralaba) harus berhati-hati dalam memilih Franchisor (Pewaralaba).

Berikut ini merupakan 5 hal yang perlu Anda perhatikan Ketika memilih peluang usaha waralaba.

#1. Keberadaannya Sudah Cukup Lama

Salah satu cara yang cukup mudah dalam menentukan baik atau tidaknya suatu waralaba adalah, waktu beroperasi dari waralaba tersebut. Sudah berapa lama bisnis tersebut berjalan?

10 tahun, 6 tahun, atau baru 6 bulan?

Di Indonesia, ada beberapa bisnis yang baru beroperasi dalam hitungan bulan, namun sudah berani untuk membuka sistem waralaba.

Dan ironisnya, ada juga orang yang tergiur dan pada akhirnya berhasil diajak untuk bergabung. Dan hasil akhirnya tentu sudah bisa ditebak. Yakni berakhir dengan sebuah kekecewaan.

Itulah sebabnya, bagi Anda yang ingin mencari peluang usaha waralaba, pertimbangkanlah poin yang pertama ini.

#2. Sudah Memiliki Cukup Banyak Konsumen

Hampir bisa dipastikan bahwa orang yang memilih usaha waralaba sebagai bisnisnya, adalah mereka yang ingin meminimalisir kerugian dalam berbisnis.

Singkatnya, mereka ingin jika bisnis yang mereka jalankan langsung laris manis diserbu pengunjung. Hal ini sama sekali tidak ada salahnya. Karena salah tujuan dari berbisnis adalah untuk mendapatkan profit.

Jika Anda ingin memperoleh profit dalam waktu yang tidak terlalu lama, Anda harus memastikan bahwa bisnis waralaba yang akan Anda beli, sudah memiliki cukup banyak konsumen loyal.

Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu kesulitan ketika menjualnya.

#3. Relatif Mudah Untuk Dijalankan

Meskipun mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan, tentunya akan sama saja jika terdapat kesulitan dalam hal menjalankan sebuah bisnis.

Kesulitan inilah yang semakin lama akan menimbulkan rasa malas untuk mengelola. Dan pada akhirnya bisnis (Waralaba) yang dipilih akan ditinggalkan secara perlahan-lahan.

Untuk itulah sebaiknya, sejak awal Anda sudah memastikan bahwa bisnis yang akan dipilih, memberikan kemudahan dalam menjalankannya.

#4. Harga Jual Produk Relatif Terjangkau Oleh Calon Konsumen Anda

Anda yang hendak berbisnis waralaba, pastinya akan memilih lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Atau mungkin, lokasi tersebut berada di lingkungan sekitar Anda.

Nah, Anda harus terlebih dahulu mengetahui daya beli calon konsumen Anda. Meskipun itu hanya sebatas gambaran umum.

Mengapa?

Karena tentunya akan sangat disayangkan, jika bisnis yang Anda jual sebenarnya memiliki kualitas yang sangat baik. Hanya saja, harga jual yang ada tidak sesuai dengan daya beli calon konsumen Anda.

#5. Memiliki Pelayanan Yang baik

Poin yang terakhir ini lebih kepada pelayanan after sales dari Franchisor (Pewaralaba).

Meskipun Anda membeli bisnis yang sudah autopilot, pastinya tetap akan terjadi beberapa masalah. Baik itu masalah kecil maupun masalah besar.

Untuk itulah sebaiknya pihak Franchisor (Pewaralaba) menjelaskan terkait sejauh mana dukungan yang mampu diberikannya kepada Anda. Jika semuanya sudah jelas, tentunya akan membuat kedua belah pihak merasa senang.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan ketika memilih peluang usaha waralaba.

Semoga bermanfaat.

Tags:
Categorised in:

Artikel Tentang 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Peluang Usaha Waralaba