Menu Click to open Menus
Home » Memulai Bisnis » Tips Bisnis Online Dengan Menggunakan Facebook Marketing

Tips Bisnis Online Dengan Menggunakan Facebook Marketing

(151 Views) November 2, 2016 10:52 pm | Published by

Tips Bisnis Online

Jika Anda sudah pernah mendengar atau mungkin sedang menjalankan bisnis online, pastinya Anda mengetahui bahwa salah satu tips bisnis online yang cukup powerfull adalah dengan menggunakan facebook marketing.

Bukan, ini bukan melulu tentang facebook ads. Namun lebih dari itu, berjualan online dengan menggunakan facebook marketing lebih dari sekedar facebook ads.

Dan pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait beberapa tips jitu dalam berbisnis online, khususnya dengan menggunakan facebook marketing.

Berikut Ini Merupakan Beberapa Tips Bisnis Online Dengan Facebook Marketing Yang Harus Anda Perhatikan

#1. Tentukan kelengkapan profile fanspage Anda

Ya, ketika membicarakan seputar facebook marketing, hal yang tidak bisa ditawar lagi adalah keberadaan sebuah fanspage yang WAJIB hukumnya.

Memang Anda masih bisa jika menggunakan facebook profile (Pribadi). Namun hal tersebut tidak terlalu baik, bahkan terkesan kurang profesional.

Ketika Anda membuat fanspage, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan kelengkapan fanspage Anda seperti profile (Termasuk gambar dan cover), deskripsi fanspage, dan lain sebagainya.

#2. Tentukan Buyer Persona Anda

Bahasa gampangnya, buyer persona merupakan gambaran kasar terkait calon pembeli Anda. Dari mulai usia, jenis kelamin, pekerjaan, domisili, hobby, dan lain-lain.

Semakin banyak dan semakin detail Anda menuliskan tentang buyer persona terhadap bisnis Anda, tentunya akan semakin mudah dalam mengkomunikasikan pesan/konten/informasi/penawaran kepada calon pembeli Anda.

Sebagai contoh, Anda akan lebih mudah menentukan pilihan kata formal ketika mengetahui bahwa calon pembeli Anda adalah orang dewasa yang sudah bekerja, dan berusia 35 – 40 Tahun.

Karena sungguh tidak mungkin jika Anda menggunakan bahasa gaul terhadap target market seperti ini. Itulah pentingnya menentukan buyer persona.

Harap diingat bahwa buyer persona yang Anda tentukan tidaklah selamanya benar dan valid. Karena hal tersebut hanyalah gambaran umum yang telah Anda buat.

Dan seiring berjalannya waktu, Anda akan mengetahui dengan pasti terkait siapa target market Anda yang sesungguhnya.

#3. Menerbitkan Konten Tidak Terlalu Sering

Dalam hal menerbitkan konten di fanspage, Anda juga tidak bisa sembarangan.

Sebagai contoh, Anda secara terus-menerus menerbitkan konten jualan yang notabene sangat mengganggu fans Anda.

Harap digarisbawahi, sebagian besar orang sangat tidak suka jika ditawari sesuatu. Kecuali jika mereka sendiri yang memintanya.

Selain itu, bukankah tujuan banyak orang menggunakan social media adalah untuk bersosialisasi? Untuk itu, silahkan berbaur dan bersosialisasi dengan calon pembeli Anda.

Sebaiknya, terbitkanlah konten maksimal 2 – 3 kali dalam sehari. Konten-konten tersebut bisa terdiri dari konten gambar+teks, konten video+teks, dan lain-lain.

Untuk pemilihan konten, usahakan tidak hanya menampilkan teks saja. Paling tidak, sisipkan dengan gambar atau video.

Hal ini dikarenakan tampilan visual gambar maupun video bisa membuat banyak orang tertarik.

#4. Manfaatkan Fitur Shop di Fanspage

Saat ini, di fanspage terdapat sebuah fitur yang memudahkan Anda berjualan online. Yakni fitur shop/toko.

Manfaatkan fitur tersebut dengan menampilkan produk-produk yang Anda jual.

Dalam hal ini, beberapa bagian yang harus Anda perhatikan adalah masalah gambar produk, harga (Silahkan pilih mata uang terlebih dahulu), dan deskripsi produk.

Jangan lupa juga untuk memilik salah satu produk unggulan Anda, untuk diletakkan di bagian featured product.

#5. Mulai Beriklan Dengan Facebook Ads

Ketika Anda sudah mengetahui buyer persona dan seperti apa calon pembeli Anda, kini tiba saatnya untuk menggunakan iklan facebook.

Silahkan cari dan praktekkan berbagai tutorial facebook ads yang banyak bertebaran di internet.

Terakhir, jangan lupa untuk membuat website sendiri. Karena tidak ada yang menjamin jika proses jual beli online di fanspage yang saat ini terlihat mudah, akan bertahan kekal selamanya.

Tags:
Categorised in:

Artikel Tentang Tips Bisnis Online Dengan Menggunakan Facebook Marketing